Indonesia |  English 
    depan | peta halaman | Hubungi Kami 
 HSE Management
 Info Produk
 Webmail PLN Batam
 Info Tagihan
 Layanan Online
 Standar PLN
 Informasi Pemadaman
 Intranet PLN Batam
Selamat Datang di PLN Batam
Membuat pelanggan tersenyum puas dengan suguhan pelayanan kami, adalah bagian penting dari strategi bisnis perusahaan. kondisi eksternal yang senantiasa berubah dari hari ke hari. hal ini menjadi sebuah bisnis. Lengah sedikit saja, bisa kehilangan kesempatan.




GUBERNUR KEPRI RESMIKAN PLTMG 6 MW BERBASIS CNG Marine di TOKOJO, KIJANG PULAU BINTAN
2014-03-12

 PT PLN (Persero) Cabang Tanjung Pinang mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 6 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berbasis CNG Marine Tokojo, Kijang Pulau Bintan. Selasa (11/03) Peresmian PLTMG ini dilakukan oleh Gubernur Kepulaun Riau, Muhammad Sani yang ditandai dengan penekanan tombol sirene, pembukaan selubung papan nama dan penanaman pohon diarea lokasi pembangkit. Acara yang dilaksanakan di lokasi PLTMG ini dilakukan juga penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program “bright berbagi” peduli Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan berupa pemberian bibit pohon dan uang tunai.

Turut hadir pada peresmian tersebut adalah Bupati Kabupaten Bintan, Walikota Tanjung Pinang, Unsur MUSPIDA Provinsi KEPRI, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjung Pinang, Pejabat PT PLN (Persero), President Director bright PLN Batam dan jajaran Direktur serta tokoh masyarakat setempat. President Director bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan dengan beroperasinya PLTMG ini diharapkan dapat memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Bintan dalam melayani masyarakat serta antisipasi untuk ketahanan energy dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014.

 Secara geografis Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 2.408 pulau besar dan kecil dengan berbagai tantangan permasalahan kepulauan yang cukup kompleks. Salah satu permasalahan tersebut adalah penyedian infrastruktur ketenagalistrikan dalam menunjang pembangunan ekonomi masyarakat Kepri sebagai provinsi kepulauan dan penguatan daerah perbatasan.

 PT PLN Batam (bright PLN Batam) dan PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (PLN WRKR) telah melakukan kerjasama jual beli tenaga listrik dengan membangun Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang memanfaatkan potensi gas yang ada di Pulau Batam untuk dikemas dalam tabung – tabung skid tube Compressed Natural gas (CNG) dan di transportasikan melalui transportasi laut (CNG Marine Carrier) Landing Craft Tank (LCT) ke Pulau Bintan. Konsep CNG Marine ini merupakan proyek yang pertama dilakukan di Indonesia bahkan mungkin dunia sehingga bright PLN Batam berharap proyek ini akan menjadi pilot project dan pioneer bagi proyek sejenis di daerah lainnya di Indonesia khususnya propinsi kepulauan dalam mengatasi masalah – masalah ketenagalistrikan di kepulauan dan perbatasan.

 Setelah melalui kajian teknis dan pertimbangan optimalisasi biaya, bright PLN Batam dan PLN WRKR menetapkan lokasi Tokojo, Kijang Pulau Bintan untuk pemasangan Pembangkit PLTMG dengan kapasitas 6 MW ini. Pelaksanaan fisik royek dimulai pada bulan Desember 2013 dan selesai pada pertengahan bulan Februari 2014 (+ 2 bulan).

 Selain menambah kapasitas pembangkit, konsep CNG Marine ini juga bermanfaat untuk penghematan Biaya Pokok Produksi Penyedian (BPP) tenaga listrik dimana mesin – mesin pembagkit diesel yang selama ini di operasikan dengan BBM yang biaya nya sangat tinggi, dapat digantikan dengan CNG yang biayanya relative lebih murah dibandingkan menggunakan BBM. Penggunaan energy primer berbasis CNG tentunya juga selaras dengan misi bright PLN Batam dan PT PLN (Persero) dalam mebangun infrastruktur ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan dalam menjaga kearifan lokal masyarakat dalam perwujudan pengembangan green economic melalui green technologies.

 Konsep transportasi gas bumi dengan moda transportasi laut ini akan menjadi solusi dan jawaban bagi permasalahan pembangunan infrastuktur kelistrikan di daerah kepulauan dan perbatasan yang akan sangat mendukung penguatan ekonomi, pendidikan, serta kesejahteraan masyarakat, dan ketahanan sosial politik khususnya di wilayah Propinsi Kepri.




PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam
Jl. Engku Putri No. 3 - Batam Center
Kepulauan Riau - Indonesia
Copyright 2015
PT. Pelayanan Listrik Nasional Batam.
All right reserved.